Senin, 15 Januari 2018

JALAN JALAN KE BANGKA DAN BELITUNG PAKET MURAH. (BAG. 1: BANGKA)

Sebenarnya kl ke Bangka dan Belitung ga perlu cari paket murah karena memang apa-apa serba Murah disana.

Kami jalan di tanggal 2 Januari 2018 dimana itu sebenarnya masih masuk dalam Hi-Season. Awalnya kami hanya mau ke Belitung, tetapi karena kepengen juga wisata kuliner, maka kami coba-coba cek juga tiket ke Bangka.

Pilihannya: Kalau mau tambah trip ke Bangka, maka Anda harus siapkan kocek lebih sekitar 250.000/orang untuk tiket pesawat Bangka ke Belitung (kalau Anda bertanya, mana lebih untung, pake pesawat atau kapal laut, nanti saya jelaskan...).

Saya tidak menggunakan travel, hanya cukup modal sinyal kuat untuk cari spot bagus dan aplikasi Google Maps.
Hanya untuk info yah, selama di Bangka Belitung, saya ga pernah liat Indomaret dan Alfamart yah (saya ga tau, beneran ga ada atau saya yang tidak lihat). Jadi kalau mau belanja, bisa cari brand yang lain.

Hari 1: Jakarta - Bangka
Saya ambil first flight menggunakan Lion Air dari Jakarta (on time kok pesawatnya kl pagi hehehe).
Sampai di Bangka sekitar jam 8 setelah menunggu Bagasi, lalu kami bingung, jadi keluar dulu sambil makan CFC. Lalu saya mencoba mencari rental mobil di internet yang mau lepas kunci.

Saya sih sarankan, mending cari rental yang bisa lepas kunci, karena bisa bebas kemana aja, lebih murah, dan kalau pakai supir kan pasti ga enak kl kita mau makan atau nongkrong pasti ga enak kl kita ga ajakin supirnya makan juga hahahaha (bukannya pelit sih, cuma kan canggung aja pas lagi makan atau nongkrong malah ga bisa becanda bebas sama istri dan anak).

Harga rata-rata mobil 250rb/hari (kita dapat Agya), mobil akan diantar di Bandara, nanti pas pulang juga diambil di Bandara, jadi sebenarnya kita sudah hemat uang taksi dari Bandara ke Hotel. Berhubung saya sewanya dari jam 8 pagi sampe jam 12 siang, maka dia ga mau tau, tetap harus bayar 2 hari.... Ya sudahlah saya bayar 2 hari (itu sih kesalahan saya), karena tdnya saya pikir dr hotel ke Bandara jauh, jadi drpd sewa taksi mendingan sewa mobil. Harusnya sih sewa 1 hari aja.

Tujuan 1 di Bangka: Bangka Botanical Garden (cari di Google Maps yah atau Waze)
Langsung lah kita melipir ke BBG ini. Hanya saja kita sampe jam 9 lewat sedikit, dan memang belum ramai. Cuma tempat ini menurut saya biasa aja. Hanya kelihatan bagus di Foto. Saya hanya masuk dan tidak turun dari mobil, karena tidak ada aktivitas apapun yang bisa kita lakukan selain foto (itupun hasil fotonya biasa aja, tidak unik).
Jadi saya kasih nilai 2 dari skala 5 (2/5).
Biaya Masuk: 0
Skor: 2/5

Tujuan 2: Museum Timah di Bangka
Pas kita datang memang belum buka. Hanya untuk info, museum ini ukurannya kecil sekali hanya sekitar 1 rumah ukuran gedung 100m (kurang lebih yah). Dan kalau saya sih pada akhirnya memutuskan untuk tidak masuk.
Biaya Masuk: Gratis
Skor: 2/5

Tujuan 3: Pantai Parai Tenggiri di Kota Sungailiat
Akhirnya kita memutuskan untuk melangkah ke Sungailiat menuju pantai Parai Tenggiri sejauh 43 km, kalau menurut Google Maps sekitar 1 jam. Tetapi pada kenyataannya bisa ditempuh hanya 45-50 menit, karena jalan di Bangka relatif sepi.
Di kota Sungailiat ini memang tempatnya pantai-pantai indah, tetapi saran saya, ga usah datangin satu-persatu. Saya hanya datang ke Parai, karena memang lebih private.
Untuk masuk pantai Parai, kita harus masuk ke hotel Parai Beach dan bayar tiket masuk disitu. Beda dengan pantai lainnya yang gratis. Tapi, bayar 25 ribu jauh lebih baik dan sama sekali tidak menyesal kl membandingkan dengan pantai lainnya

Pantainya keren sekali, dan pasirnya putih. Sehabis berenang, kita bisa bilas di fasilitas yang disediakan hotel (sudah termasuk dr tiket masuk). Dan kalau masuk ke pantai, dilarang bawa makan dan minum dari luar (kalau ketahuan, makanya umpetin di tas hahaha)
Di hotel ini juga ada makanan, harganya sih murah (kopi 20-25rb) tapi yang bikin mahal itu karena pajak dan biaya lainnya harus nambah 21% dari harga yang tertera. Jadi cukup beli aqua saja hehehe.
Biaya Masuk: 25.000 (hanya untuk orang dewasa, dan tiket itu juga bisa dipakai untuk ditukar minuman di cafe).
Skor: 5/5


Pantai Parai

Bersihnya dan Putih pasirnya

Di spot sebelahnya ada batu karang.

Berenang dari jam 11 sampai jam 3 sore, walau panas-panasan dan kulit menjadi eksotis (hehehe), tp itulah resiko wisata pantai.
Jangan ke pantai kalau ga berani hitam.

Tujuan 4: Warung Kopi Tung Tau di Sungailiat
Kl yang ini sih reviewnya oke. Tempatnya biasa banget, tp rasa kopinya mantap

Tujuan 5: Hotel Soll Marina Bangka Hotel
Ada beberapa hotel sih di Bangka yang rekomendasi: Novotel, Santika, Menumbing. Tapi saya pilih Soll Marina karena paling dekat dengan Bandara, jadi ga perlu buru-buru. Walaupun sebenarnya kl nginap di yang agak jauh sama Bandara, juga ga masalah karena toh kota Bangka a.k.a Pangkal Pinang itu kecil.

Tujuan 6: Dinner at Latrasee Coffee and Bistro
Ini tempatnya keren, banyak spot foto. Dan kl harga yah standar Bangka. Ga ada tuh harga yang mencekik leher spt di Jakarta.
Liat reviewnya di Google aja yah. Intinya sih murah lah, kayak makan di KFC aja harganya.


Tujuan 7: Sarapan Pagi di Bakmi Bangka
Kl di Bangka, Bakmi-nya rata-rata yah non-halal. Jadi walaupun saya mencobanya, tapi saya ga mau kasih review ah..... Hehehe, saya makannya di Bakmi Akaw. Kalau yang halal, saya rekomendasikan di Mie Koba Iskandar.

Tujuan wisata Bangka Lainnya:
1. Danau Kaolin, karena dia agak jauh dari kota. Saran saya, kalau Anda akan melakukan trip seperti saya yang mau ke Belitung juga, lebih baik ga usah kesini karena di Belitung juga ada dan jaraknya ga terlalu jauh dari kota.
2. Pantai Tikus, letaknya di dekat Sungailiat juga cuma, udah cukuplah ke Parai Tenggiri
3. Muntok, kejauhan
4. Rumah Pengasingan Sukarno, lebih jauh lagi ini, harus siapkan waktu PP 4 jam.

1 komentar:

  1. Perjalanan paling menyenangkan
    Makasih gan infonya
    Hai admin saya suka dengan tampilan website anda yang membahas materi didalamnya ,suatu saat akan berkunjung lagi.
    ==========================
    https://top-trulum.com
    #trulum
    #trulum awet muda
    #jual trulum
    #trulum synergy
    #trulum skincare

    BalasHapus