Jakarta- Bali via Darat dibawah sejuta dan Bali - Jakarta via Darat (silahkan langsung di klik langsung).
Perjalanan ini sekaligus perpisahan saya dengan si Avanza yang selama ini menemani saya untuk touring rutin di awal tahun.
Langsung saja:
KENDARAAN:
Avanza 2014- Keadaan Bensin Full dari Jakarta
PENUMPANG:
4 orang (Saya, istri, 2 orang anak - 5 dan 7 tahun)
BERANGKAT:
Tanggal 1 Januari 2017, jam 09.00 dari daerah Menteng
SITUASI JALAN:
Normal, tanpa macet
PERLENGKAPAN WAJIB:
- HP 4G kalau kepepet, masih bisa buka Google Maps atau Waze. Sebenarnya sih ga penting juga, karena penunjuk arahnya sudah lengkap kok, khususnya Jakarta ke Solo. Nanti dipakenya pas dari Solo mau ke Batu Malang aja baru pake full.
Sinyal apapun kuat kecuali 3 dan Axis. Saya sendiri pake Axis dan SMART (lebih kuat sinyal SMART)
- Powerbank
BIAYA:
Jakarta- Cikampek: Rp. 15.000
Cipali: 96.000
Palimanan - Pejagan: 55.500
Pengguna mengambil tiket tol di GT Cikarang Utama, lalu berhenti di GT Palimanan untuk membayar tarif tol Cluster I Jakarta-Cikopo-Palimanan senilai Rp 111.000 (Gol-1 Rp 15.000 + Rp 96.000) sekaligus mengambil tiket Cluster 2, dan berhenti GT Brebes Timur untuk membayar tarif tol Cluster 2 Palimanan-Kanci-Pejagan-Brebes Timur senilai Rp 55.500.Jadi total tarif yang harus dibayar pengguna untuk melintasi Jakarta-Brebes Timur sebesar Rp 166.500.
Semarang - Salatiga: 7000 plus 7500.
Total: 181.000
Kalau Pulang Pergi silahkan di kali 2 alias 362.000 rupiah.
KECEPATAN RATA-RATA:
40-60 km/ jam (jalan normal), mentok di 80 km/jam. Intinya saya jalan santai.
80-100 km/jam (jalan tol) Ada dua jalan tol (Jakarta- Pejagan Brebes) dan (Semarang- Ungaran Salatiga)
REVIEW ALTERNATIF JALUR (Plus Minusnya):
1. JAKARTA- SEMARANG- PANTURA KE SURABAYA- BATU MALANG (bisa lihat di Google Maps)
(861 Km, total perjalanan nonstop sekitar 16 jam setengah)
Plus:
- Jalan Pantura lebar dan lurus tidak terlalu berkelok-kelok. Kalau ada keadaan emergency, jauh lebih aman karena ada banyak bengkel.
- Bisa mampir di Surabaya.
Minus:
Lebih Jauh jaraknya
2. JAKARTA- SEMARANG- UNGARAN- SALATIGA- SRAGEN- NGAWI- NGANJUK- BATU MALANG (bisa lihat di Google Maps)
(789 Km, total perjalanan nonstop sekitar 16 jam )
Plus:
- Rute lebih pendek dan lebih cepat sampai
Minus:
- Jalannya oke sampai daerah Ungaran, selebihnya kebanyakkan jalan 1 atau 2 lajur.
- Banyak jalan menanjak, dan kalau sampai ketemu truk di jalur menanjak, seringkali jadi macet karena cuma sejalur.
3. JAKARTA- SEMARANG- UNGARAN- SALATIGA- SOLO- TAWANG MANGU- MAGETAN- MADIUN- NGANJUK- BATU MALANG
(810 Km, total perjalanan nonstop sekitar 16 jam 45 menit)
Plus:
- Banyak melewati jalur dataran tinggi, jadi enak pemandangannya.
Minus:
- Jalur Puncak artinya jangan lewati jalur ini malam-malam. Karena gelap ga ada lampu penerangan.
Kalau mau pake jalur ini, bisa pake Google Maps dulu ke Solo. nanti sampe Solo, bisa gunakan google maps menuju Batu.
Jangan langsung tulis Jakarta- Batu Malang, karena jalur ini biasanya ga muncul.
Btw, jalur ketiga lah yang saya pilih untuk perjalanan pergi karena saya niatnya memang mau jalan santai menikmati pemandangan.
JAKARTA - BREBES EXIT TOL (PEJAGAN TIMUR)
(Total 280 kilometer)- Jam 21.00 s/d 03.00
Karena saya agak kebelet ke toilet, maka saya berhenti di Rest Area KM 229. Seingat saya itu adalah rest area terakhir sebelum keluar tol.
Plus saya agak istirahat sebentar sekitar 2 jam untuk tiduran sambil panggil tukang urut. Sebenarnya dalam kondisi non-stop, Anda bisa menempuh perjalan sekitar 3 jam (kecepatan rata-rata 100 km/jam).
BREBES- BOYOLALI
(370 km)- Jam 03.00 s/d 08.00
Saya kemudian melaju non-stop dari jam 3 subuh sampe jam 08.00 di daerah Boyolali.
Isi Bensi Pertama: Sebenarnya bensin saya masih ada tersisa 2 batang, tetapi saya kembali isi penuh seharga Rp. 220.000.
Disini, karena saya capek, makanya saya istirahat sambil ngopi sekitar setengah jam
BOYOLALI- SOLO
(32 km) jam 08.00 s/d 09.00
Saya berhenti dulu di Solo sambil sarapan dan makan siang dan mengunjungi wisata Keraton.
Sebenarnya saya juga bermalam di Solo. Nginap di Hotel Aziza Syariah (Horison).
Yah kalau di Solo makanan serba murah.
Jangan lupa untuk mengunjungi martabak anak pak Jokowi, Markobar. Lumayan lah rasanya, walaupun harganya lumayan mahal, tetapi sepadan kok.
Saya kemudian berangkat dari Solo keesokan harinya pada jam 07.00
SOLO- BATU MALANG
(254 km) - 07.00 s/d 15.00
Tanpa berhenti (kecuali ke toilet) dan tanpa isi bensin, maka saya melanjutkan perjalanan.
Enak sekali kalau jalan pagi dari Solo, apalagi lewat Tawang Mangu, pemandangannya oke banget.
Saran:
Jika Anda mau jalan terus tanpa berhenti panjang, maka saran saya, Anda berangkat jam 18.00 dari jakarta, sehingga kalau sampai Malang sekitar jam 12.00 atau 13.00 di keesokan harinya, jadi bisa pas sekalian check in Hotel.
JALUR PULANG:
Saya mengambil jalur nomor 2 yang diatas. Jadi tidak lewat kota Solo lagi.
Tetapi kali ini saya nginap di Semarang.
Sekian liputan dari saya.
Waw, hebat luarbiasa.. Info yg sangat membantu cuma akan lebih bagus lagi jika disertai foto/gambar.
BalasHapusBtw, om nyetirnya gantian atau sendiri? Sy aja rute terjauh baru kuat jkt-pangandaran itu pun nyetir gantian heheh. Thx
Thanks oom.
HapusTadinya saya pake gambar, tetapi banyak yang protes karena waktu mereka buka blog saya selama perjalanan, sering jadi lelet karena ada gambar.
Maklum karena kl perjalanan, susah sinyal.
Tp terima kasih masukkannya, mungkin ke depannya saya akan pakai 1-2 gambar yang ukuran piksel kecil..
Save trip, oom.
Mantap,thx bgt infonya. Nyetir sendiri atau gantian Om...
HapusSaya nyetir sendiri paling jauh baru sampe
jkrt-jogja
Info mengenai estimasi biaya BBM nya dong Pak.
BalasHapus3 kali isi bensin, PP itu sekitar 800 rb tapi itu kalau pakai premium, kalau pake Pertalite paling sekitar 950-an ribu
HapusMantabs Mas, Informasinya hebat& Luar Biasa, cukup membantu bagi yg mau melakukan perjalanan seperti saya (InsyaAllah ada rencana perjalanan Kota Depok - UMM Malang)
BalasHapusMakasih mas... Boleh sharing juga yah kalau sudah selesai melakukan perjalanan, biar saling membantu ke pembaca blog yang lain
Hapusom gerry saran dong..
BalasHapusdi buat klasifikasi dong di blognya
misalnya
tentang travel,
tentang umum,
tentang ekonomi dll..
biar sy mudah carinya ..langsung ke tujuan hehehee..thanks and sukses
Ide bagus mba,
HapusSaya coba yah. Maklum agak gaptek hehehe... Tq so much idenya
om...wah terbantu nih dengan sharenya....
BalasHapusbtw saya kebtulan mau coba juga ke Malang....berhubung mobil ane matic....jadi kadang ragu nih ke daerah malang ngeri ketemu tanjakan terjal....pengalaman di daerah bogor nanjak kg kuat, harus mati AC dan berhenti dulu karena temperatur naik
nah jalur 3 itu gmana om ?... apakah tanjakannya terjal2 dan panjang2 ?
Tanjakkan ke Malang hampir ga ada yang terjal. Cuma daerah Sragen, itu agak berkelok-kelok tapi masih aman kok
HapusSharing pengalaman yang bagus bro, rencananya akhir Des 2017 ini saya dan keluarga memang akan berlibur ke kota Batu Malang menggunakan mobil pribadi.
BalasHapussedikit saran bro, akan lebih baik lagi kalau perincian biaya dan jaraknya dibuat tabel sehingga eye catching (enak dan mudah dilihat) terima kasih !!
Siap Mas,
HapusSafe Trip.
Untuk sarannya, terima kasih yah. Saya juga lagi cari cara untuk bisa lebih bagus nih...
Mantab,thx om infonya. Rencananya sy mau nyoba touring jkrt-batu malan, Krn paling jauh baru sampe jkrt-jogja. Untuk jalur aman yg rame dan bnyk bengkel lewat mana om ?
BalasHapusBtw,om jkrt-batu malang nyetir sendiri atau gantian ?
Paling aman sih lewat Pantura, lalu dari semarang turun lewat Solo dan seterusnya... Jalanan aman kok, banyak bengkel...
HapusMakaseh om Garry Tengker infonya sangat membantu, rencananya akhir thn mo ke Malang.
BalasHapusSemoga menambah info... Oom Kristian
HapusSaya tujuan mau ke batu, tapi sebelumnya mampir ke surabaya dari arah semarang? Itu gmna ya mas, enakan jalur mana? Yang paling deket dan ngga muter2.
BalasHapuskalo ini mending lwt pantura dulu. krn kan ke surabaya. trz baru lanjut ke batu
HapusOm saya berencana akhir desember 2017 ke malang. Kalau pake sigra, mobil kuat gak yach... Belum ada review pake sigra nih.
BalasHapusAda info....?
kayanya kuat mas. saya rencana jg mw kesana. tp sy pke ayla matic loh mas
HapusHehehe,
HapusBener tuh @Sanny: pasti kuat kok...
maaf nimbrung, saya 2 kali ke Bali pakai AYLA . gak pernah rewel sama sekali dijalan. dan roadtrip ke 2 kali aku ikutin panduan Om Garry .makasih Om. kali ini tertarik juga ke Malang road trip .
HapusTerima kasih infonya pak..
BalasHapusSaya ad rencana mau ke batu malang.. Tgl 25 ini pak. Dan ngikuti rute yg sama dengan yg bapak lewati
Rencana jalan abis shubuh sekitar jam 5 pagi. Di atas kan bpk blg klu bisa jangan jalan malam, menurut bpk daerah mana yg rawan klu kita jalan malam pak? Biar saya bisa atur waktu.
Terima kasih pak
Kl lewat Pantura sih masih aman. Tp begitu dr Solo menuju Malang, agak sepi dan jalan berkelok kelok mas Firmansyah.
HapusBukannya rawan Krn manusia jahat sih hehehe, hanya kl malam agak gelap dan bahaya kl hujan..
Terima kasih balesannya pak
BalasHapusKlu dari solo ke malang banyak rest area / spbu pak?
Soalnya prediksi saya sampai solo itu di sore hari.
Jalam berkeloknya mulai dr kota apa pak?
Menarik sekali pembahasan serta penjelasannya mas...jadi tertarik pengen coba lewat darat ke batu malang..ohya kalo berangkat jam 18.00 dr jakarta seperti yg mas rekomendasikan bagusnya lewat jalur mana ya jalur 1,2 atau 3...dan kira2 mobil matic kuat kah mengikuti jalur ini...mohon infonya dan terima kasih...
BalasHapusInfo jalur selatan dr tasikmalaya ke batu dong mas brooh, thanks
BalasHapuswah mantap sekali infonya, pengen banget nyoba bawa mobil ke malang
BalasHapusOm trbantu skali dgn infonya...kbtulan sy n klrga kecil ingin ke batu mlg...klp supirnya masih pemula enaknya jalur yg mana ya...kemarin november kita sdh cb ke theload maribaya...kira2 medannya terjal tdk..thx y
BalasHapuswah.... saya baru dapat info bagus ini.
BalasHapusterimakasih pak atas infonya.
membantu banget ni infonya mas, mau saya cobain ah sarannya :D
BalasHapusthankyou om ... sukses
Ok
BalasHapustrm ksh om atas panduannya ke batu malang
BalasHapussy niatkan di lebaran thn 2019
mudah2 an ga ada halangan