Kamis, 18 Desember 2014

DAFTAR PASUKAN KHUSUS TENTARA TERBAIK DI DUNIA

Kali ini saya akan menulis mengenai sesuatu yang unik, yaitu mengenai Pasukan khusus terbaik di dunia. Data ini saya ambil dari beberapa sumber.

12. Marcos, India

Marcos, India
The MARCOS (Marine Commando Force) merupakan unit operasi khusus elit Angkatan Laut India. Ini diciptakan untuk melakukan operasi khusus seperti perang amfibi, Counter-terorisme, aksi langsung, pengintaian khusus, perang inkonvensional, penyelamatan sandera, pemulihan Personil, perang asimetris, mengatasi teroris yang ingin memisahkan diri dari India. The MARCOS adalah pasukan yang sangat terorganisir, terlatih dan dilengkapi untuk pelaksanaan operasi khusus dalam lingkungan maritim.

11. GIS, Italia

GIS, Italia
GIS (Gruppo di Intervento Speciale) adalah unit operasi khusus kontra-terorisme yang merupakan unit reaksi taktis elit di polisi militer, Carabinieri Italia. Unit ini diciptakan oleh Kepolisian Negara Italia pada tahun 1978 untuk memerangi ancaman terorisme yang sedang bertumbuh. Unit ini secara global dikenal karena keahlian penembak jitunya. Saat ini GIS, memiliki anggota kurang lebih seratus orang tentara, bertugas dengan operasi anti-terorisme, keamanan dan memberikan pelatihan.

10. EKO Cobra, Austria

EKO Cobra (Einsatzkommando Cobra) memiliki peran utama untuk kontra-terorisme. Unit ini dibentuk pada tahun 1978, terutama sebagai respon terhadap serangan terhadap atlet Israel pada Olimpiade Munich 1972. Unit taktis ini terlibat terutama dalam kontra-terorisme. Unit ini jarang sekali terdengar, meskipun keterlibatan mereka sangat tinggi dalam perang melawan teror. Mereka terlibat dalam penyelamatan sandera di Penjara Graz-Karlau pada tahun 1996 dan banyak operasi lainnya. EKO Cobra adalah satu-satunya unit Penanggulangan Terorisme untuk melawan teroris yang membajak pesawat ketika para pembajak masih berada di pesawat. Mereka dianggap oleh banyak orang sebagai salah satu unit kontra-teroris terlatih terbaik di dunia.

9. GIGN, Perancis

GIGN (Groupe d'Intervention de la Gendarmerie Nationale) adalah unit operasi khusus Angkatan Bersenjata Perancis. Unit ini dilatih untuk melakukan kontra-teroris dan penyelamatan sandera misi di Perancis atau di mana pun di dunia. Ini dibentuk setelah pembantaian di Olimpiade Munich. Peran utamanya adalah untuk memprediksi adanya kemungkinan terjadinya teror besar. Pada tahun 1973, GIGN menjadi kekuatan permanen laki-laki terlatih dan siap untuk menanggapi ancaman semacam ini. Unit ini terkenal karena respon yang sangat cepat serta kemampuan perang yang sangat mahir dalam operasi penyelamatan sandera dan anti-terorisme. GIGN saat ini digunakan untuk skala besar intervensi, pencarian dan perlindungan misi.

8. SSG, Pakistan

The SSG (Special Service Group) adalah operasi pasukan khusus Angkatan Darat Pakistan. Hal ini sangat mirip dengan Pasukan Khusus Angkatan Darat AS (U.S. Army) dan Angkatan Darat Inggris SAS. Unit ini diciptakan pada tahun 1956, juga dikenal sebagai "Bangau Hitam,"nama yang berasal dari tutup kepala unik mereka yang "Baret Merah Maroon". SSG dianggap sebagai salah satu pasukan yang terbaik di dunia karena keberanian dan keberanian mereka. Presiden Rusia pernah berkata bahwa jika ia memiliki pasukan Pakistan dan senjata Rusia ia bisa menaklukkan seluruh dunia karena mereka sangat berani. The SSG telah dilatih untuk ini misi khusus: Operasi Khusus, perang inkonvensional,  Pertahanan, Tindakan Cepat, Penyelamatan Sandera, Counter-Terrorist. Baru-baru ini, SSG telah aktif dalam operasi anti-teroris di perbatasan barat yang bergolak Pakistan dengan Afghanistan dan memerangi ekstrimis Islam di kota-kota Pakistan.

7. JW Grom, Polandia

JW GROM (JEDNOSTKA WOJSKOWA Grom) adalah satuan kontra-terorisme elit Polandia. Unit ini secara resmi diaktifkan pada tanggal 13 Juli 1990 untuk menanggapi ancaman teroris. Grom, diartikan sebagai "guntur" adalah salah satu dari lima kekuatan khusus operasi unit Angkatan Bersenjata Polandia. Mereka dilatih untuk menanggapi berbagai ancaman dan perang konvensional, termasuk tindakan anti-teroris dan proyeksi kekuatan di belakang garis musuh.

6. GSG 9, Jerman

GSG 9 adalah pasukan kontra-terorisme dan operasi khusus Unit Polisi Federal Jerman. Secara resmi didirikan pada tahun 1973 setelah kegagalan Polisi Jerman untuk membebaskan 11 atlet Israel yang diculik di Munich selama Olimpiade Musim Panas. GSG 9 ditempatkan dalam kasus penyanderaan, penculikan, terorisme dan pemerasan. Unit ini juga dapat digunakan untuk mengamankan lokasi, menetralisir sasaran, melacak buronan dan kadang-kadang melakukan operasi sniper. Unit ini sangat aktif dalam mengembangkan metode dan taktik untuk misi ini pengujian. Dari tahun 1972 sampai 2003 mereka dikabarkan menyelesaikan lebih dari 1.500 misi, dengan hanya menggunakan 5 kali kontak senjata.

5. Sayeret Matkal (Israel)

Unit khusus pasukan Israel ini difokuskan pada pengintaian, anti-terorisme dan penyelamatan sandera di luar Israel. Sayeret Matkal dibentuk pada tahun 1957 untuk mengisi kekosongan dalam pasukan khusus Israel dan terdiri dari calon yang dipilih untuk karakteristik fisik dan intelektual yang tinggi. Calon menjalani delapan belas bulan pelatihan yang meliputi sekolah dasar infanteri, sekolah parasut, pelatihan kontra-terorisme dan pelatihan pengintaian terkait. Pasukan telah mengambil bagian dalam banyak operasi skala besar sejak 1960-an. Yang paling terkenal ini, Operasi Entebbe / Thunderbolt, menunjukkan tekad dan jangkauan Sayeret Matkal kepada dunia. Unit ini dibentuk setelahbeberapa teroris Palestina dan pro-Palestina menyandera sebuah pesawat yang diterbangkan ke Bandara Entebbe di Uganda. Banyak sandera dibebaskan, tetapi lebih dari 100, terutama sandera Israel dan Yahudi, ditahan di gedung terminal bandara. Sekitar 100 pasukan komando Israel, termasuk kekuatan serangan dari Sayeret Matkal menyerang musuh, membunuh teroris dan membebaskan hampir semua sandera.

4. Delta Force, Amerika Serikat
Delta Force
Pasukan Khusus Operasional Detasemen-Delta 1(SFOD-D 1), dikenal sebagai Delta Force, secara resmi dibentuk pada tahun 1997 setelah banyak insiden teroris yang dipublikasikan di Amerika Serikat. Ini adalah salah satu unit terbaik dan salah satu kekuatan yang paling rahasia di Amerika Serikat. Unit ini diakui sebagai salah satu jiplakan dari SAS milik Inggris. Pendiri SFOD-D adalah mantan personil SAS yang berpikir AS membutuhkan pasukan elit seperti SAS. Tugas utama Delta Force adalah kontra-terorisme, tindakan langsung, dan operasi intervensi nasional, meskipun kelompok ini sangat serbaguna untuk melakukan berbagai jenis misi.

3. Sayetet 13

Inilah pasukan khusus lainnya milik Israel, Shayetet 13 yang merupakan satuan dari angkatan laut Israel. DIbentuk pada tahun 1948, unit ini telah mengambil bagian dalam setiap operasi utama Israel dan penyelamatan sandera serta kontra-terorisme. Pelatihan selama 20 bulan ini mendorong para calon untuk mengikuti tes psikologi dan fisik yang paling menegangkan bahkan sebelum pelatihan khusus dimulai. Seluruh pelatihan khusus yang ada di seluruh tentara di dunia, pasti sudah pernah dilakukan oleh unit ini, baik itu pelatihan parasut, penghancuran, perang bawah air atau / pelatihan di tempat gelap gulita dan tempat dingin. Operasi yang paling penting yang mereka lakukan adalah pembebasan atlet Israel dari penyanderaan di Olimpiade Munich tahun 1972 .

2. Navy SEAL, Amerika Serikat

Angkatan Laut SEAL, merupakan singkatan dari Navy Sea, Air and Land Team, pertama kali terbentuk di Perang Dunia II. SEAL adalah bagian dari Angkatan Laut Amerika Serikat, dan merupakan salah satu yang paling elit hebat dalam sejarah perang Amerika Serikat. Navy SEAL bersama dan operasi CIA kembali ke terkenal MACV-SOG selama Perang Vietnam. Kerjasama ini masih ada hingga hari ini dan terlihat dalam perang di Irak dan Afghanistan. Peran terakhir yang terkenal yaitu ketika mereka melakukan operasi bersama CIA yang kemudian menemukan dan menembak Osama bin Laden di Pakistan.

1. SAS, United Kingdom

Special Air Service
Special Air Service adalah salah satu Pasukan Khusus terbaik di Inggris. SAS didirikan pada tahun 1941 selama Perang Dunia Kedua dan telah menjadi model untuk Pasukan Khusus di seluruh dunia. Unit ini direformasi sebagai bagian dari Teritorial Angkatan Darat pada tahun 1947, dan diberi nama Batalyon 21, Resimen SAS. SAS mendapatkan ketenaran dan pengakuan di seluruh dunia setelah berhasil menyerang Kedutaan Besar Iran di London dan menyelamatkan sandera pada tahun 1980 ketika kantor Dubes Iran sedang mengalami penyanderaan. Saat ini, unit ini  terdiri dari satu resimen reguler dan dua resimen teritorial. Tugas utama unit ini adalah kontra-terorisme di masa damai dan operasi khusus dalam masa perang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar