Jumat, 06 Juli 2018

WISATA PANTAI BATU KARAS DAN GREEN CANYON DI PANGANDARAN

Tulisan ini adalah lanjutan dari tulisan saya sebelumnya berjudul

PERJALANAN WISATA JAKARTA - PANGANDARAN JALUR DARAT (Via Bandung)


Setelah meninggalkan Pantai Pangandaran dan menempuh perjalanan sejauh 35 km, maka sampailah saya di daerah Batu Karas.

Berbeda dengan Pangandaran yang kebanyakan turis lokal (bukan kebanyakan sih ,tetapi 99,9% orang Indonesia), tetapi kalau di Batu Karas, ada banyak turis mancanegara yang memang sengaja datang untuk surfing.
Yang saya bingung, kok mereka bisa tahu yah sama tempat ini, karena kan tempat ini jauh banget dari Bandara Internasional. 

Ini rute yang direkomendasikan
Google Maps, tetapi saya tidak
rekomendasikan sama sekali
RUTE
Kalau temans memutuskan untuk langsung menuju Batu Karas (Green Canyon) tanpa singgah di Pantai Pangandaran, maka saran saya JANGAN IKUTI RUTE YANG DIBERIKAN OLEH GOOGLE MAPS.

Jauh lebih baik temans tetap melewati Pantai Pangandaran, karena kalau mengikuti Google Maps, jalannya agak sempit karena jalan perkampungan dan ada beberapa titik jalannya rusak sampai 1 kilometer.


HOTEL
Untuk memesan hotel di daerah Batu Karas, tentu saja kita bisa menggunakan Traveloka, Booking, Agoda, dll. Tetapi kalau temans datang di waktu sepi, lebih baik sih datang langsung ke lokasi, karena banyak juga penginapan yang bagus.
Nanti kalau sudah sreg dengan hotel pilihannya, langsung tanya rate-nya berapa, lalu bandingkan dengan Traveloka atau Agoda. Jadi kalau online lebih murah, bookingnya langsung di lokasi hotel saja.
Adapun dua lokasi yang jadi rekomendasi menginap:
1. Aliran Sungai Green Canyon
Beberapa hotel yang saya rekomendasikan adalah: Shane Josa Hotel (pas pinggir sungai, dan gratis kayak dan gratis pinjam sepeda kalau mau ke pantai yang jaraknya hanya 3 menit kalau pake sepeda) dan Kalaras.

Foto di depan hotel yang pas di
pinggir Pantai
2. Di pinggir Pantai
Tentu saja yang paling bagus adalah JavaCove (hampir semua turis mancanegara, saya mau nginap disitu, fullbook).
Tapi ada banyak juga kok tempat di pinggir pantai seperti Villa Monyet, Bale Karang, dan yang menjadi saingan utama dari JavaCove adalah Sunrise Resort.
Saya sendiri memilih menginap di Kamar Family di Hotel S.O., kalau temans mencari di Google Maps, mungkin namanya masih pakai nama lama "Reef Hotel", dan sekarang sudah jadi lumayan bagus dengan rate 350rb. Kalau pake sarapan buat 4 orang, jadinya 400rb.

WISATA
Daerah wisata sini biasanya penuh di bulan libur panjang. Bukan hanya itu, biasanya wisatawan mancanegara akan menyerbu tempat ini antara November-Maret karena di bulan tersebut, anginnya sangat cocok untuk surfing. 

1. Pantai Batu Karas
Bagusnya pantai ini, ombaknya keren untuk berenang dan Surfing. Jangan bandingkan Pantai ini dengan pantai di Bali yah. Karena memang kita akan menemukan sedikit sampah dan pasir pantainya walaupun halus tetapi warnanya tidak seterang Pantai-Pantai di Bali.
Berenang di Batu Karas cukup fun, karena ada beberapa tempat penyewaan ban dan selancar. 
Kalau temans berasal dari Kota Jakarta atau Kota Besar lainnya, ga usah risih datang kesini, karena orang sekitar sini sudah terbiasa kok dengan wisatawan, jadi kita juga ga merasa risih kalau pakai baju renang pas di pantai.

2. Green Canyon
Nah wisata ini sudah terkenal banget. Cuma memang penggemar wisata ini hampir semua berasal dari wisatawan dalam negeri.
Kalau mau kesini, pastikan saja harus ikut body rafting.
Maaf saya ga bisa cerita banyak, karena saya ga ikut berhubung saya punya 2 anak berumur dibawah 10 tahun dan istri saya juga lagi hamil besar.
Tapi untuk temans, ini saya kasih info harganya.

TEMPAT MAKAN / KULINER BATU KARAS
Kalau mau makan, ada beberapa rekomendasi dari saya:
1. Samping parkiran Pantai Batu Karas, ada resto seafood Kang Ayi dan Sederhana. Untuk harga yah lumayanlah yah. 
160rb/kg untuk ikan 225/kg untuk udang sudah termasuk masak. 

2. Ada namanya "Kedai Mini" cari aja di Google Maps. Dia menyediakan Pizza yang rasanya enak banget. Memang tampilan luar warungnya sih seperti warteg. untuk ukuran kecil harganya 45 ribu (tetapi perut besar seperti saya juga pasti kenyang kok), untuk yang besar 90 rb. Ada juga spaghetti dan lainnya.

3. Cafe Salt adalah cafe yang paling terkenal disitu.

SUASANA MALAM
Kalau malam-malam, kebetulan saya datang pas bukan waktu liburan. Maka malamnya tidak ada kehidupan disitu. Jadi kalau temans datang diluar waktu liburan, saran saya ga usah nginap di Batu Karas, nginapnya di Pantai Pangandaran aja. Daripada nginap di Batu Karas, toh malamnya pasti cuma bengong di kamar hotel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar